Upaya Penanaman Nilai Karakter Religius Siswa di Kelas X SMAN 5 Bengkulu Selatan

  • Sertia Okta Diana STIT Al-Quraniyah Manna
  • Rizki Ramadhani STIT Al-Quraniyah Manna
  • Nur Atikah STIT Al-Quraniyah Manna
Keywords: Karakter, Religius, Siswa SMA

Abstract

Latar belakang penelitian ini kurangnya penanaman nilai karakter peserta didik untuk menerapkn perilaku religius. Tujuan dari penelitian ini menggambarkan cara guru menanamkan nilai karakter religius siswa kelas X di SMAN 5 Bengkulu Selatan dan untuk mendeskripsikan nilai karakter religius apa saja yang ditanamkan kepada siswa kelas X di SMAN 5 Bengkulu Selatan. Penulis mengunakan jenis kualitatif dengan teknikpengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari pada penelitian yaitu siswa kelas X, guru Agama dan Kepala Sekolah. Untuk menganalisis data  digunakan metode deskriptif kualitaif. Hasil penelitian ini untuk mengetahui guru menanamkan karakter religius dan untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang ditanamkan peserta didik yaitu berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membiasahkan siswa membacakan surat-surat pendek dan tadarusan. Maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam menanamakan nilai-nilai karakter religius dengan empat metode yaitu metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, hukuman, adapun juga nilai karakter religius yang ditanamkan yaitu nilai aqidah, nilai akhlak, nilai disiplin, dan nilai kejujuran.

References

Abdul Latif “Pendidikan Berbasis Nilai Kemasyarakatan”, (Bandung: Refika Aditama,2007),h.76
Abiddin Nata, Pendidikan Islam di Era Milenial, (Jakarta: Kencana, 2020), h. 195
Abuddin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010), h. 62
Akrim dan Paridah, “Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permainan Peran di RA Al-Muslihin Binjai,” dalam Journal Of Education And Mathematical Science, vol. I, h. 2
Ani Nur Aeni, Pendidikan karakter untuk mahasiswa PGSD, Upi Press, Bandung, 2014, h. 22-23
ASTUTI, Siti Irene. Pendekatan Holistik dan Kontekstual dalam Mengatasi Krisis Karakter diindonesia. Cakrawala Pendidikan, 2010,3: 46-47.
Bagja Waluya, Sosiologi 3 Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996), h. 37.
Bogdan, Robert C. & Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An. Introducation to Theory and Methods Boston: Allyn and bacon, Inc, 1982.
Cecilia, Nova, Jumaini, & Ganis, Idriati. (2014). Hubungan Penerapan Pendidikan Karakter terhadap Perilaku Sosial Siswa. JOM PSIK. Vol. 1, (2), 1-19
Doni Koesoema A, Pendidikan Karakter, PT Grasindo, jakarta, 2007, h9-10
Edy Suparjan, Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa, (Yogyakarta: Deepublish, 2019), h.18
Hadedar Nashir, Pendidikan Karakter Berbasis Agama dan Budaya, (Yogyakarta: Multi Presindo, 2013), h. 22-24
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter ..., h. 41
Hamdani Hamid dan Beni Ahmad Saebani, Pendidikan Karakter Perspeltif Islam,(Bandung: Pustaka Setia, 2013), h. 92-93
Haris Herdiannyah, Wawancara, Observasi, dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013), h. 29
Iwan Hermawan, Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, dan Mmixed Method), (Kuningan : Hidayatul Quran, 2019), h. 75
Kokom Komalasari dan Didin Saripudin, Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education, (Bandung: Refika Aditama, 2017), h. 1
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), Cet. 30, h. 6
Lisa‟diyah Ma‟rifataini, “Model Penanamn Nilai-nilai Karakter Siswa SMA Berbasis Pendidikan Agama”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, vol. 13, h. 82
Morissan, Riset Kualitatif, 2019(Jakarta: Prenadamedia Group), h. 19-20
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendiidkan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009) cet. 5, h. 220
Rianawati, Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI),2014 (Pontianak: IAIN Pontianak Press), h. 15
Rianawati, Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), (Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2014), h. 16
Ridwan Abdullah Sani dan Muhammad Kadri, Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, (Jakarta: Bumi Aksara, 2016), Cet. 1, h. 6
Rosidatum, Model Implementasi Pendidikan Karakter, (Kulon Gresik:Caremedia communication, 2018) hal 5-6
Rosikom, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada anak melalui peran keluarga. Jurnal Kependidikan,6(2), 293-308
Selamat Pohan, Kapita Selekta Pendidikan, (Medan: KBPM Sumut, 2016), h. 3
Soebardhy, Muclas Samani, dan Muslimin Ibrahim, 2020, h. 83Kapita Selekta Metodologi Penelitian, (Jawa Timur: Qiara Media)
Sugiyono, (Bandung Alfabeta, 2018) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, cet. 24, h. 329
Sugiyono, (BandungAlfabeta, 2018) Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, cet. 24, h. 341
Syamsul Kurniawan, Pendidikan karakter Konsepsi dan Implementasinya (Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2017), h. 38 Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat.
Taimiyah, ibnu. Fiqih Ibadah, (Jakarta: Gaya Media Pratama 2002), hal 9
Zayadi, Group,2001 Desain Pendidikan karakter (Jakarta: Kencana Pramedia), h.73
Published
2025-11-21