Islam dan Pendidikan (Studi Kasus Pembelajaran Agama Islam Online pada Masa Pandemi di SMAN 70 Jakarta)

  • Bunga Assipa Wulandari Univeristas Pendidikan Indonesia
  • Fidela Zaneta Utomo Univeristas Pendidikan Indonesia
  • Maisya Dahayu Fathihanis Univeristas Pendidikan Indonesia
  • Nazwa Nur Abellia Univeristas Pendidikan Indonesia
Keywords: Pendidikan Agama Islam, Teknologi, Online

Abstract

Pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 mengubah sistem pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pembelajaran PAI daring selama pandemi, khususnya dari perspektif alumni SMAN 70 Jakarta yang sebelumnya mengikuti PAI secara daring. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, melalui wawancara mendalam dengan 3 alumni yang menjadi informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring memberi fleksibilitas waktu dan tempat, namun tantangan utama muncul pada aspek psikomotorik dan afektif, terutama dalam praktik ibadah dan internalisasi nilai-nilai agama. Kendala teknis seperti keterbatasan akses internet dan perangkat, serta hilangnya interaksi sosial langsung, turut memperburuk pengalaman belajar. Adaptasi dilakukan dengan penggunaan video tutorial, kelompok mentoring online, dan peningkatan peran keluarga dalam pendidikan agama. Meskipun demikian, pembelajaran daring PAI berpotensi mempengaruhi pemahaman dan aplikasi ajaran agama dalam jangka panjang. Penelitian ini menyarankan pentingnya inovasi dalam pembelajaran agama serta kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua untuk memastikan keberhasilan pembelajaran di era digital.

Kata kunci: Agama Islam, Teknologi, Online

Published
2025-03-28