Penanaman Moral pada Anak melalui Metode BCM di Masjid Nurul Iman Desa Pagar Kota Manna Bengkulu Selatan

  • Feky Fuji Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Quraniyah Manna
  • Erma Suryani
Keywords: Metode Pembelajaran BCM dan Penanaman Moral

Abstract

Penelitian ini di latar belangkangi oleh pendidikan moral pada anak yang merupakan pondasi yang kokoh dan sangat penting keberadaanya, jika hal itu telah tertanam dengan baik dalam setiap insan sejak dini, hal itu merupakan hal yang baik bagi anak bangsa untuk menjalani pendidikan selanjutnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran BCM kepada anak-anak di Masjid Nurul Iman Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data triangulasi, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajran BCM pada anak di TPQ yaitu permainan bisik ayat berantai, topi saya bondar topi saya bundar. cerita kisah Nabi Muhammad, kisah Nabi Musa dan menyanyi sholawatan. Penanaman moral yang dilakukan yaitu dengan melatih sikap disiplin, sopan, religius, jujur dan toleransi pada anak.

 

Kata Kunci: Metode pembelajaran BCM dan Penanaman moral

References

Ananda. R. (2017), Implementasi Nilai-Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi 1(1) : 22-23. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/28.

Departemen Agama RI. (2012). Al-Quran Dan Terjemah. Jakarta:Pustaka-Al anam.

Julianto, A. 2019. Kolaborasi Pendidikan Nonformal, Informal, dan Formal dalam Pendidikan Pemuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1(3): 14-22. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus/article/view/24644/13186

Julianto, A, & Fitriah, A. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan. 1(2) : 175-184. Retrieved from https://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/article/view/28

Muhammad Yaumi. 2015. Pendidikan Karekter:Landasan, Pilar, Dan Implementasi.Jakarta:Prenadamedia Group

Mahmud, A.A. H. (2010). Akhlak Mulia. Jakarta:Gema Insani

Mujamil, Q. (2003). Meniti Jalan Pendidikan Islam.Yogyakarta: P3MSTAIN Tulungagung dan Pustaka Pelajar.

Muhibbin, S. (1995). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Rosda Karya

Putra, P. (2017). Hubungan Metode Bermain, Cerita Dan Menyanyi (BCM) Dengan Prestasi Belajar Siswa SD. Malang:jurnal UIN

Rahmawati, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Moral Di Indonesia. Jakarta: State University.

Sartika, A. N. S. (2003). Pengaruh Metode BCM Terhadap Pengembangan Moral Anak di Kelompok B TK Pudjananti Kecamanatn Sigi Biromaru. Jurnal UNTAD, Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/7241

Sinulingga, S. P. (2016). Teori pendidikan moral menurut Emile Durkhiem relevansinya bagi pendidikan moral anak di indonesia. Jambi: Sekolah Bina Kasih

Sjarkawi. (2012). Pembentukan Keperibadian Anak. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif Dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Zariah, N. (2009). Pendidikan Moral Dan Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Published
2023-03-17